Pernah gak kamu pergi ke suatu tempat, katakanlah rumah sakit atau perusahaan tertentu lalu ada yang menyambut dengan ramah disertai senyuman sembari mengucapkan “Selamat datang, apa ada yang dapat saya bantu?”.
Nah mas-mas atau mbak-mbak yang yang kamu baru saja temui adalah frontliner. Frontliner adalah seseorang yang berkomunikasi langsung dengan pelanggan atau konsumen. Pekerjaan frontliner ini dibutuhkan hampir di semua jenis industri, terutama yang bergerak pada bidang jasa atau layanan.
Secara umum apa sajakah yang termasuk tugas frontliner? Yuks simak info berikut:
- Berinteraksi dengan pelanggan
- Memastikan customer merasa puas dengan produk dan pelayanan yang diberikan
- Memberikan pelayanan prima pada pelanggan
- Mendengarkan keluhan dan membantu mencari solusi terbaik
- Menyambut customer dengan ramah
- Menyelesaikan kendala yang dialami berkaitan produk dan jasa
- Menjawab pertanyaan yang diajukan
- Menghubungkan pelanggan dengan pihak lain dalam rangka penyelesaian masalah
- Menjelaskan produk dan jasa yang dimiliki perusahaan