Outsourcing penagihan menjadi solusi efektif untuk Anda yang melakukan bisnis dengan skema kredit atau cicilan. Nantinya tim outsourcing akan membantu proses penagihan untuk kredit yang tersendat.
Sebenarnya sebuah perusahaan bisa membentuk tim penagihan sendiri. Namun perusahaan harus mampu merekrut karyawan berpengalaman dan memiliki SOP penagihan yang efektif.
Strategi Penagihan Paling Efektif
Agar penagihan efektif, penting untuk memiliki strategi yang jitu dan mudah diterapkan. Beberapa strategi berikut ini bisa Anda jadikan rekomendasi untuk proses penagihan:
1. Miliki Ketentuan Pembayaran yang Jelas
Sebelum memberikan kredit untuk konsumen atau mitra, pastikan Anda memiliki ketentuan pembayaran yang jelas. Pastikan ketentuan ini tersampaikan dengan baik dan kedua belah pihak wajib menandatanganinya.
Jika perlu, cantumkan ketentuan pembayaran dalam invoice. Ini penting agar konsumen atau mitra tidak menjadikannya alasan untuk menunda pembayaran.
2. Sistem Invoice
Menurut Amaya Woods dari Chaser, 87% keterlambatan bisnis dalam pembayaran kredit terjadi karena ada masalah pada invoice. Oleh karena itu, penting untuk memiliki sistem invoice yang baik untuk memperlancar penagihan.
Pastikan invoice bisa dikirim secepat mungkin ke mitra atau konsumen. Perhatikan juga kelengkapan informasi dan tata letaknya supaya konsumen tidak kesulitan dalam memahaminya.
3. Perbanyak Metode Pembayaran
Minimnya metode pembayaran sering membuat konsumen atau mitra kesulitan dan memilih untuk menunda pembayaran. Kesulitan ini terjadi karena beberapa alasan seperti:
- Tidak familiar dengan metode pembayaran;
- Akses metode pembayaran yang sulit;
- Adanya biaya tambahan;
Beberapa orang mungkin tidak memperbanyaknya karena merasa tidak akan ada konsumen yang memakai metode pembayaran baru tersebut.
Kalaupun benar, hal tersebut bukan masalah besar. Lagipula Anda tidak mengalami kerugian apapun saat membuat metode pembayaran baru.
4. Pakai Berbagai Metode Penagihan
Penting juga untuk memakai metode penagihan yang bervariasi. Tetapi ingat, cara melakukan penagihan yang efektif bukan bertujuan untuk membuat konsumen membayar karena rasa terganggu.
Ini dilakukan sekadar untuk memastikan kalau penagihan diketahui konsumen. Selalu ingat, Anda perlu menjaga hubungan baik dengan konsumen atau mitra seperti yang akan dijelaskan pada poin berikutnya.
5. Jaga Hubungan Baik
Pada dasarnya, bisnis berjalan sampai hari ini karena adanya transaksi dengan para konsumen atau mitra. Penting untuk menjaga hubungan baik agar kemungkinan pemesanan ulang tetap ada.
Jangan sampai proses penagihan merusak hubungan baik antara bisnis dengan mitra yang pada akhirnya menurunkan angka penjualan.
6. Tawarkan Diskon
Coba tawarkan diskon atau potongan pembayaran bagi konsumen atau mitra yang membayar tepat waktu. Cara ini sering kali memberikan hasil optimal dan meningkatkan angka pembayaran kredit di setiap bulannya.
Tetapi ingat, perhatikan stabilitas keuangan bisnis saat memberikan diskon. Anda perlu memastikan kalau diskon tersebut tidak memberikan dampak buruk bagi perusahaan.
Coba Gunakan Outsourcing Penagihan
Jika merasakan kesulitan dalam melakukan penagihan, Anda bisa memakai layanan outsourcing. Fungsi outsourcing penagihan sangat luas seperti:
- Menyediakan tim profesional dalam bidang penagihan.
- Memastikan perusahaan mencapai target pembayaran tagihan konsumen.
- Menjalin hubungan baik dengan konsumen.
Untuk hasil maksimal, pilihlah outsourcing penagihan dengan jam terbang tinggi. Jika bingung mencarinya, Anda bisa memakai layanan SIMGROUP.
Kami merupakan mitra outsourcing pilihan yang memiliki pengalaman bertahun-tahun di bidang ini. Anda bisa berkonsultasi dengan tim kami via WhatsApp di 0812 2000 7772.
Nantinya Anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai keuntungan memakai SIMGROUP saat membutuhkan layanan outsourcing penagihan.