Agency sales atau tenaga penjualan in-house menjadi aspek yang sangat vital bagi bisnis. Dengan perkembangan teknologi, persaingan bisnis menjadi semakin ketat.
Oleh karena itu, sebuah bisnis membutuhkan tim penjualan yang profesional baik dalam bentuk agency maupun in-house. Namun mana yang lebih efektif di antara keduanya? Apakah agency sales lebih efektif dari tenaga penjualan atau malah sebaliknya?
Mengenal Tenaga Penjualan In-house
Tenaga penjualan In-house adalah metode pemasaran dengan memanfaatkan tenaga penjualan yang tersedia di perusahaan. Biasanya perusahaan akan merekrut orang-orang yang memiliki spesialis di bidang marketing seperti:
- Ahli SEO;
- Content Writer;
- Desainer Grafis;
- Manajer Pemasaran;
- dan sebagainya.
Penggunaan tenaga penjualan In-house terkesan lebih optimal karena perusahaan bisa memastikan kalau tim pemasarannya benar-benar memahami brand yang sedang mereka pasarkan. Selain itu, perusahaan juga bisa merancang tenaga penjualan sesuai keinginan dan ada keleluasaan untuk menjangkaunya kapan saja. Namun tenaga penjualan In-house bukan tanpa kekurangan.
Ada beberapa kekurangan yang sering terasa saat memakai tenaga penjualan In-house seperti:
- Sulitnya merekrut karyawan yang kompeten, merekrut karyawan dengan keahlian tinggi tidak mudah. Agar karyawan tidak tergiur oleh kompetitor, perusahaan juga harus memberikan gaji besar.
- Pemasaran cenderung stagnan, karena tidak berhasil mendapatkan karyawan yang kompeten, penjualan berpotensi tidak mengalami peningkatan.
- Tidak Fleksibel, perusahaan tidak bisa sembarangan menambah jumlah karyawan saat kebutuhan bertambah. Proses rekrutmen memerlukan pertimbangan yang matang agar sesuai kebutuhan.
Walaupun banyak perusahaan besar sukses mengatasi masalah di atas, memulainya dari awal bukan perkara mudah.
Terlebih lagi untuk Anda yang berada pada tahap awal pengembangan bisnis. Daripada memusingkan proses pemasaran yang rumit, akan lebih baik jika fokus terhadap core bisnis.
Perbedaannya dengan Agency Sales
Rumitnya pengelolaan tenaga penjualan In-house menjadi alasan mengapa agensi pemasaran menjadi rekomendasi terbaik. Agency sales merupakan pihak eksternal yang bekerja sama dengan perusahaan untuk menangani proses marketing.
Perusahaan bisa berkonsultasi dengan pihak agensi terkait target penjualan yang ingin dicapai. Setelah kedua pihak sepakat, pihak agensi akan melakukan proses marketing untuk mencapai target perusahaan.
Beberapa keuntungan saat memakai agensi pemasaran antara lain:
- Tidak perlu melakukan rekrutmen, tidak dibutuhkan proses rekrutmen ahli seperti desainer grafis, ahli SEO, content writer, atau tim marketing lainnya.
- Lebih terjangkau, perusahaan hanya perlu membayar tarif service kepada agensi dan tidak ada biaya tambahan lain.
- Tim profesional, agensi terdiri dari tim profesional di bidangnya yang membuat proses marketing berjalan optimal dan meminimalisir kemungkinan stagnasi.
- Lebih fleksibel, saat ada perubahan kebutuhan marketing, perusahaan tinggal mengomunikasikannya ke agensi dan perubahan akan dilakukan segera.
Untuk lebih lengkapnya, berikut perbandingan agency sales dan tenaga penjualan In-house dari berbagai aspek:
Aspek | Agency Sales | Tenaga Penjualan In-house |
Rekrutmen | Tidak perlu melakukan proses rekrutmen. | Memerlukan rekrutmen tenaga ahli, yang sering kali sulit dan membutuhkan biaya besar. |
Biaya | Lebih terjangkau, hanya membayar tarif layanan tanpa biaya tambahan. | Memerlukan investasi besar untuk gaji, tunjangan, dan pelatihan tenaga ahli. |
Keahlian | Memiliki tim profesional yang ahli di berbagai bidang pemasaran, sehingga proses berjalan lebih optimal. | Terbatas pada kemampuan tim internal yang direkrut, sehingga jika kurang kompeten, hasilnya bisa stagnan. |
Fleksibilitas | Lebih fleksibel; kebutuhan pemasaran yang berubah dapat segera disesuaikan dengan pihak agensi. | Kurang fleksibel; perubahan membutuhkan proses rekrutmen tambahan atau penyesuaian tim. |
Efisiensi Waktu | Agensi sudah memiliki pengalaman dan sistem kerja yang terorganisir. | Memerlukan waktu untuk pelatihan dan pengembangan tim baru agar sesuai dengan kebutuhan. |
Fokus Perusahaan | Memungkinkan perusahaan untuk lebih fokus pada core business tanpa terganggu proses pemasaran. | Proses pengelolaan tim pemasaran internal dapat mengalihkan fokus dari bisnis utama. |
Pilihlah Agency Sales yang Berpengalaman
Karena pemasaran dilakukan oleh pihak luar, sering muncul kekhawatiran kalau pihak agensi tidak benar-benar memahami brand yang mereka tawarkan. Selain itu, ada ketakutan komunikasi dengan agensi tidak lancar sehingga proses marketing tidak berjalan lancar.
Untuk mengatasi hal tersebut, pilihlah agency sales yang berpengalaman. Sebagai rekomendasi, coba pilih SIMGROUP sebagai mitra outsourcing pilihan. Anda bisa melakukan konsultasi gratis ke WhatsApp terkait kebutuhan agency sales melalui 0812 2000 7772. Nantinya tim berpengalaman dari SIMGROUP akan membantu menangani setiap kebutuhan Anda.