Mengenal Sales Promotor dan Merchandiser: Peran dan Pentingnya dalam Penjualan Ritel

Dibaca 2 menit

Sales promotor dan merchandiser memiliki peran yang cukup vital untuk kesuksesan bisnis ritel. Keduanya memiliki tanggung jawab masing-masing yang saling berhubungan.

Sales sendiri pada dasarnya bertugas sebagai penghubung antara konsumen dengan bisnis. Sales dan merchandiser yang berpengalaman mampu membuat konsumen tertarik pada produk hingga melakukan pembelian.

Mengenal Peran Sales Promotor

Sales promotor adalah seseorang yang bertanggung jawab memberikan informasi detail produk pada konsumen. Adanya promotor membuat konsumen merasa membutuhkan produk tersebut sehingga membuatnya tertarik untuk bertransaksi. Berbeda dengan tugas sales pada umumnya yang bersifat general, promotor lebih spesifik untuk marketing secara offline. Nantinya promotor ini akan berhadapan langsung dengan konsumen untuk menjelaskan dan menawarkan produk.

Menurut Paul Peters dari Betterteam, rincian tugas dan tanggung jawab sales promotor antara lain:

  • Mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan menawarkan produk yang sesuai.
  • Menyampaikan informasi produk secara lengkap dan menarik.
  • Melakukan demonstrasi atau presentasi produk.
  • Membangun dan menjaga loyalitas konsumen.
  • Mengumpulkan data untuk pengembangan produk dan brand.
  • Membantu bisnis mencapai target penjualan.

Kemampuan komunikasi dan ketelitian terhadap kebutuhan konsumen sangat penting bagi promotor. Seorang promotor juga harus memiliki kemampuan problem solving yang mumpuni dan mampu membangun hubungan baik dengan pelanggan.

Apa Itu Merchandiser?

Menurut Ameyna Jackson dari resply, merchandiser adalah penanggung jawab barang sejak sampai di toko hingga pembeli mengambilnya. Agar konsumen merasa tertarik, penting bagi merchandiser untuk menciptakan lingkungan dengan visual yang menarik

Ini sesuai dengan penjelasan Matius Hodson dari liveaboutdotcom yang menjelaskan bahwa fungsi merchandiser adalah menciptakan lingkungan yang visualnya menarik agar pengalaman belanja konsumen meningkat.

Untuk bisa menjalankan fungsi tersebut, seorang merchandiser perlu menjalankan tanggung jawabnya seperti:

  • Melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap produk yang dipajang.
  • Mengatur tata letak ritel agar menarik konsumen.
  • Mengumpulkan data kebutuhan pasar dari penjualan yang terjadi.
  • Memastikan ketersediaan stok produk.
  • Mengikuti strategi promosi yang sedang dilakukan dengan layouting retail yang sesuai.

Perhatikan tabel di bawah ini untuk memahami tanggung jawab sales promotor dan merchandiser dalam bisnis ritel:

AspekSales PromotorMerchandiser
TugasMeningkatkan pemahaman dan minat konsumen terhadap produk melalui informasi dan demonstrasi.Mengatur dan memajang produk secara visual agar menarik perhatian konsumen.
Tanggung Jawab Utama– Mengidentifikasi kebutuhan konsumen.– Memastikan tata letak ritel menarik.
– Memberikan informasi produk.– Memeriksa stok dan memastikan ketersediaannya.
– Melakukan demonstrasi produk.– Mengumpulkan data kebutuhan pasar.
– Membangun loyalitas konsumen.– Menata visual produk semenarik mungkin.
– Mengumpulkan data untuk pengembangan produk. 
Interaksi KonsumenBerinteraksi langsung dengan konsumen untuk menawarkan dan menjelaskan produk.Fokus pada penyediaan lingkungan belanja yang menarik tanpa banyak interaksi langsung.
Keahlian yang Dibutuhkan– Komunikasi yang baik.– Pemahaman visual merchandising.
– Ketelitian memahami kebutuhan konsumen.– Analisis kebutuhan pasar.
– Problem solving.– Manajemen stok.

Gunakan Sales Promotor dan Merchandiser yang Profesional

Mengingat perannya yang sangat vital, penting untuk menggunakan sales promotor dan merchandiser yang berpengalaman. Tetapi karena kebutuhannya sangat tinggi, terkadang sulit merekrut karyawan yang profesional di bidang ini.

Solusinya, Anda bisa menggunakan mitra outsourcing untuk menangani bidang ini. Sebagai rekomendasi terbaik, coba pilih SIMGROUP sebagai mitra outsourcing pilihan. Anda bisa berkonsultasi dengan tim kami melalui WhatsApp di 0812-2000-7772. Nantinya sales promotor dan merchandiser berpengalaman dari SIMGROUP bisa langsung menangani bisnis Anda sehingga mempermudah dalam mencapai target penjualan.

Perusahaan Outsourcing Jakarta Terpercaya Sejak 2007

PT. Swakarya Insan Mandiri (SIMGROUP) telah dipercaya oleh puluhan perusahaan dari berbagai industri dalam memberikan jasa alih daya atau outsourcing management seperti: employee supply management, sales process management, office cleaning service, dan lainnya. Untuk informasi lebih lengkap tentang layanan outsourcing kami Anda dapat menghubungi kami di sini.

Open chat
1
Selamat datang di Swakarya Insan Mandiri. Jika Anda membutuhkan info lebih lanjut, silakan untuk menghubungi tim kami yang siap membantu Anda.