Layanan General Service yang Dapat Di-outsource dan Manfaatnya untuk Bisnis

Dibaca 2 menit

Layanan outsource bisa memenuhi setiap kebutuhan bisnis termasuk dalam bidang general service atau general affair. General service adalah posisi yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan operasional perusahaan.

Beberapa tanggung jawab general service di perusahaan meliputi:

  • Pengadaan barang;
  • Pembayaran dan pembelian rutin;
  • Pembayaran tenaga kerja harian;
  • Memelihara aset;
  • dan sebagainya

Untuk mempermudah proses pengelolaan operasional, sebuah perusahaan bisa memakai general service outsource. Ini membuat perusahaan tidak perlu membentuk tim general service internal yang pengelolaannya sulit dan memakan biaya besar.

5 Layanan General Service di Vendor Outsource

Memudahkan operasional perusahaan adalah fungsi layanan outsource yang paling utama. Beberapa layanan general service yang bisa Anda alihkan ke outsource seperti:

1. Petugas Kebersihan

Mengalihkan pengelolaan petugas kebersihan ke outsourcing adalah hal yang sangat umum. Ini membuat perusahaan mendapatkan petugas kebersihan profesional tanpa harus melakukan pengelolaan dan rekrutmen yang rumit.

Cara ini juga menurunkan kebutuhan biaya karena perusahaan tidak perlu melakukan pelatihan dan menyediakan perlengkapan seperti seragam dan alat kebersihan. Tim outsourcing pasti memiliki SOP yang matang terkait cara kerja petugas kebersihan. Adanya SOP tersebut memastikan kualitas pembersihannya memuaskan sehingga perusahaan menjadi lebih sehat.

2. Satpam

Pengadaan satpam harus memakai layanan outsourcing. Itu karena, penyediaan layanan keamanan wajib memiliki BUJP (Badan Usaha Jasa Pengamanan) dan memiliki SIO (Surat Izin Operasional) dari Kepolisian.

Sebenarnya perusahaan bisa saja mengelola layanan keamanan sendiri dengan mengurus izin-izin tersebut. Namun prosesnya sangat rumit sehingga menggunakan layanan outsource menjadi opsi yang lebih baik. Personel satpam yang outsource sediakan juga sudah melewati pelatihan ketat. Ini memastikan satpam tersebut memahami dan menguasai cara menjaga keamanan perusahaan.

Ini juga meminimalisir risiko seperti kecelakaan kerja yang mungkin terjadi. Kalaupun terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, hal tersebut sepenuhnya merupakan tanggung jawab outsourcing.

3. Customer Service

Customer service bukan sekadar pegawai yang duduk di samping telepon dan menerima keluhan pelanggan. Fungsinya lebih besar dari hal tersebut.

Jika merujuk pada penjelasan Jon Tucker dari Gorgias, customer service bertanggung jawab untuk memberikan respons cepat terhadap setiap interaksi pelanggan melalui:

  • Telepon
  • SMS
  • Media sosial
  • WhatsApp
  • Email

Ini penting karena penelitian memperlihatkan kalau interaksi yang buruk dengan customer service membuat 55% pelanggan tidak akan melakukan pemesanan. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan layanan customer service profesional. ini bisa terpenuhi dengan outsourcing customer service yang memiliki tim ahli dalam merespon interaksi pelanggan di berbagai platform.

4. Maintenance

Sebuah perusahaan hanya membutuhkan staf maintenance pada kondisi tertentu seperti saat masuk jadwal pemeliharaan atau terjadi kerusakan dan error pada mesin.

Jika melakukan rekrutmen, Anda harus memenuhi kebutuhan gaji dan tunjangannya secara rutin. Secara finansial, sangat merugikan jika membayar gaji staf maintenance tetapi tidak ada kerusakan atau pemeliharaan yang harus dilakukan. Opsi yang lebih tepat adalah memakai layanan outsourcing. Anda hanya perlu membayar saat terjadi kerusakan atau memesan layanan pemeliharaan sehingga lebih irit biaya operasional.

5. Supir

Karena sering beroperasi di luar perusahaan, supir menjadi salah satu posisi yang berisiko sering memunculkan masalah. Sangat mungkin terjadi masalah di luar perusahaan dan pihak perusahaan harus bertanggung jawab.

Hal semacam ini tidak akan terjadi saat memakai layanan outsourcing. Saat masalah muncul, pihak outsource akan mengatasinya dan perusahaan bisa melakukan request pergantian supir agar operasional tetap berjalan.

Pilih Layanan Outsource Terbaik

Untuk mendapatkan layanan general service outsource terbaik, coba hubungi SIMGROUP. Kami merupakan mitra outsourcing pilihan yang sudah eksis di bidang ini selama bertahun-tahun. Setiap kebutuhan Anda terkait layanan outsource bisa dipenuhi oleh tim kami. Untuk informasi lebih lengkap, hubungi SIMGROUP via WhatsApp melalui 0812-2000-7772.

Perusahaan Outsourcing Jakarta Terpercaya Sejak 2007

PT. Swakarya Insan Mandiri (SIMGROUP) telah dipercaya oleh puluhan perusahaan dari berbagai industri dalam memberikan jasa alih daya atau outsourcing management seperti: employee supply management, sales process management, office cleaning service, dan lainnya. Untuk informasi lebih lengkap tentang layanan outsourcing kami Anda dapat menghubungi kami di sini.

Open chat
1
Selamat datang di Swakarya Insan Mandiri. Jika Anda membutuhkan info lebih lanjut, silakan untuk menghubungi tim kami yang siap membantu Anda.