SIMGROUP Sabet Sertifikasi ISO untuk Manajemen Mutu dan Keamanan Informasi

Article
17 Nov 2018

Jakarta – PT Swakarya Insan Mandiri (SIMGROUP) berhasil memeroleh sertifikat International Organization for Standarization (ISO) untuk kategori Manajemen Mutu dan Keamanan Informasi. Selebrasi atas pencapaian bergengsi ini, SIMGROUP menggelar sebuah acara yang bertajuk SIMERS DAY 2018 di Dunia Fantasi (Dufan), Jakarta Utara, Minggu (11/11/2018).

 

SIMERS DAY 2018 sendiri merupakan acara syukuran bagi segenap keluarga SIMGROUP untuk merayakan prestasi sertifikasi ISO dan momen rekreasi bagi karyawan. Acara rekreasinya pun meriah, dengan beberapa hiburan seperti stand up comedy, YHA Challenge, Greget Challenge, Mars SIM Cover dan penampilan musik dari band power pop, Pee Wee Gaskins.

 

Adapun, dua sertifikat ISO yang dikantongi oleh SIMGROUP yaitu sertifikasi ISO 9001:2015 dan 27001:2013. ISO 9001:2015 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Artinya, SIMGROUP telah sah mendapatkan akreditasi internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu jasa yang dihasilkannya. Sedangkan ISO 27001 merupakan standar sistem manajemen keamanan informasi yang bertujuan untuk pengendalian keamanan arus informasi atau data. Terlebih bagi perusahaan dengan pengelolaan data yang masif, sertifikasi ini menjadi sebuah keharusan.

 

"Dengan capaian ISO 9001 dan ISO 27001 ini, berarti sistem manajemen kita telah diakui secara internasional untuk dapat memberikan layanan yang memuaskan bagi seluruh klien dan tentu memastikan kualitas layanan yang kita berikan untuk masyarakat luas," ujar Direktur Marketing SIMGROUP, Mira Sonia saat diwawancarai di Dufan, Jakarta Utara Minggu (11/11/2018).

 

Mira menambahkan,keberhasilan dalam mendapatkan sertifikasi ISO ini merupakan bukti komitmen SIMGROUP untuk terus melayani masyarakat. Selain itu, ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh tim di SIMGROUP yang telah bekerja keras supaya perusahaannya mendapatkan penghargaan yang bonafide ini.

 

"Secara khusus, pencapaian ini adalah berkat kerja dari tim internal yang secara teragenda melakukan berbagai project secara berkesinambungan. Dari tim internal tersebut juga dibentuk tim ISO terdiri dari 11 orang yang bertanggung jawab memenuhi standar yang ditetapkan," lanjut Mira.

 

Perolehan sertifikat standar mutu merupakan bentuk nyata komitmen perusahaan yang berdiri sejak 2007 ini terhadap mutu pelayanan jasa alih daya. Sertifikasi ini juga melalui serangkaian proses audit mutu internal sejak awal tahun 2018 pada salah satu Cabang SIMGROUP di kawasan Salemba, Jakarta Pusat dengan layanan jasa labour outsourcing.

 

Sedangkan untuk sertifikat keamanan informasi juga dilakukan secara paralel pada salah satu network Contact Center SIMGROUP di kawasan Kranggan, Bekasi. Alhasih, ISO 27001:2013 juga berhasil didapatkannya. Artinya, network contact center SIMGROUP telah menerapkan sistem manajemen kemanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management Systems (ISMS) dengan baik. Dengan menerapkan standar ISO 27001:2013, SIMGROUP dapat melindungi dan memelihara kerahasiaan, integritas dan ketersediaan informasi dan untuk mengelola serta mengendalikan risiko keamanan informasi pada organisasi.

 

Bagi perusahaan yang berhasil memeroleh sertifikat ISO tersebut, akan mendapatkan kepercayaan dari client karena telah memiliki standard mutu dan sistem manajemen keamanan informasi yang baik sesuai standar internasional. Sertifikasi berstandar internasional ini juga dapat menjadi alat pemasaran yang baik bagi perusahaan. Sebab, sertifikasi ISO merupakan cikal bakal kepercayaan client terhadap suatu layanan di SIMGROUP.

 

Terakhir, Mira berharap bahwa dengan adanya sertifikasi ISO 9001 dan ISO 27001 ini dapat meningkatkan kualitas layanan SIMGROUP pada para klien.

 

"Dengan adanya pencapaian ini akan memotivasi kita untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada para klien," tutupnya.