Bagikan :
Email
Line
Pinterest

PT. Swakarya Insan Mandiri, recruitment, outsourcing, tes psikologi, frontliner, head hunter, outsource, hrm, sourcing, alih daya, training centre, on the job training, outsourcing service, perusahaan outsourcing, tenaga kerja outsourcing, perusahaan outsourcing di jakarta

Passion Match Your Job


TIPS N’TRICK

 

 

Passion, Modal Tak Disangka Dalam Mencari Kerja

 

Masyarakat kadang menyebut proses mencari kerja sebagai mencari peruntungan. Siapa yang beruntung, dia bisa mendapatkan pekerjaan. Mereka yang kurang beruntung, harus terus berusaha hingga akhirnya keberuntungan berkenan tiba.

 

Padahal, ada satu modal yang rasanya jarang terpikirkan oleh para Job Seekers. Modal itu tak lain adalah passion. Modal ini bisa diartikan secara langsung sebagai ketertarikan atau gairah terhadap sesuatu hal. Passion ternyata bisa membantu kalian dalam mendapatkan pekerjaan.

 

Passion juga bisa diartikan sebagai minat yang besar terhadap sebuah aktivitas. Pengertian mudah dari passion adalah hobi. Setiap kali tengah melakoni hobi, orang kerap lupa waktu. Fokus dalam menjalankan hobi tersebut akan sangat besar, bahkan tidak sedikit yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi menjalani hobinya tersebut.

 

Bagaimana passion bisa menjadi hal penting bagi perusahaan?

 

Kemampuan yang sangat baik seorang karyawan terhadap pekerjaannya memang penting. Namun bagi banyak perusahaan, karyawan tidak hanya harus punya dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaannya, tapi juga memiliki kehidupan yang menyenangkan di luar kantor.

 

Kenapa bisa demikian?

 

Ketika seorang karyawan memiliki kehidupan yang menyenangkan di luar jam kantor, maka dipastikan mereka akan membawa perasaan yang sama ke tempat kerja. Ketika karyawan bekerja dengan hati senang, maka kualitas pekerjaan pun akan terdongkrak. Produktivitas karyawan pun bisa lebih meningkat.

 

Oleh karena itu, sebuah perusahaan, terutama divisi HRD akan mencari tahu seperti apa hobi para calon maupun yang sudah menjadi karyawan. Apa aktivitas mereka di luar kantor dan bagaimana mereka menjalani aktivitas tersebut. Pihak HRD ingin memastikan apakah orang yang direkrut memang akan memberi manfaat bagi perusahaan atau tidak.

 

Dalam pandangan perusahaan, seseorang yang menjalani hobi dengan sepenuh hati akan punya daya juang yang kuat. Mereka juga bisa mengeluarkan banyak ide kreatif yang mungkin selama ini tidak muncul pada karyawan lain. Dikarenakan sebuah hobi pasti akan selalu memaksa otak untuk berpikir kreatif dan inovatif.

 

Jadi, jangan takut untuk menunjukkan seberapa senang kamu menjalani hobi selama ini.

 

Passion akan membuka jaringan dan pertemanan

 

Apa pun hobi kamu, pasti ada orang lain yang memiliki hobi yang sama. Pasti ada orang lain yang mempunyai ketertarikan yang sama dengan yang menjadi hobi kamu. Biasanya mereka akan bergabung membentuk sebuah kelompok untuk berbagi ilmu mengenai hobi tersebut.

 

Berteman dengan banyak orang yang memiliki hobi yang sama merupakan awal dari membangun sebuah jaringan yang akan berguna untuk menemukan pekerjaan. Bisa saja di antara teman sepermainan tersebut ada yang menawari pekerjaan karena mengetahui kamu ahli dalam sebuah bidang yang dia butuhkan.

 

Bisa juga teman seperhobian kamu yang memberi rekomendasi kepada temannya untuk merekrut kamu sebagai karyawan. Sebuah rekomendasi dari orang yang dipercayai biasanya akan lebih disukai mereka yang tengah membutuhkan karyawan baru, dibanding mencari sendiri melalui proses perekrutan.

 

Jaringan dari teman-teman yang memiliki hobi yang sama ini juga akan tetap berguna ketika kamu sudah bekerja. Para anggota kelompok yang terdiri dari beragam profesi dan usia merupakan alat penting dalam melancarkan pekerjaan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menguasai betul hobimu dan perluas jaringan dengan mereka yang memiliki gairah yang sama terhadap hobi tersebut.

 

Bagaimana jika ternyata kamu sulit menemukan apa yang menjadi passion? Ada beberapa tips yang bisa dipakai untuk mengetahui passion yang kamu miliki. Ada banyak cara juga yang dapat dilakukan. Namun, cobalah menggali kemampuan diri kamu sendiri karena pada dasarnya diri sendirilah yang lebih tahu seberapa besar potensi yang dimiliki. Coba untuk lihat lebih dalam lagi, apa hal yang kamu dapat lakukan dan selalu menjadi yang lebih baik dari orang lain? Ini merupakan tahap awal untuk menemukan passion. Temukan apa yang menjadi passion dalam hidupmu dan jadikan itu sebagai modal menemukan pekerjaan impianmu. Jika sampai saat ini kamu masih bingung atau ragu untuk mencoba sebuah pekerjaan, mulailah untuk berani mencoba. PT SIM juga senantiasa membuka banyak lowongan pekerjaan yang berarti membuka peluang atau kesempatan bagimu untuk bekerja di sebuah perusahaan yang sesuai dengan passion-mu. Semangat menggali passion-mu ya! (ADW)