Bagikan : Tips Menjadi Orang yang Positif

Tips Menjadi Orang yang Positif

Email
Line
Pinterest

PT. Swakarya Insan Mandiri, recruitment, outsourcing, tes psikologi, frontliner, head hunter, outsource, hrm, sourcing, alih daya, training centre, on the job training, outsourcing service, perusahaan outsourcing, tenaga kerja outsourcing, perusahaan outsourcing di jakarta

Tips Menjadi Orang yang Positif


Tips Menjadi Orang yang Positif

Dalam menjalani kehidupan di dunia ini, ada banyak sekali kejadian yang dapat kita alami. Berbagai macam peristiwa yang dapat membuat kita berbahagia, bersedih, tertawa, dan menangis. Semua kejadian yang kita alami tidak akan pernah bisa kita hindari karena kita hanya pelaku dari Sang Pencipta yang sudah mengatur dunia ini. Untuk itu bukan masalah yang perlu kita hindari, tapi bagaimana kita bisa mengatur pola pikir kita menjadi lebih positif untuk melewati semua masalah yang ada.

Banyak orang mengalami kegagalan dalam hidup dan kemudian menyesalinya. Mereka melihat kejadian buruk bukan sebagai pengalaman tetapi merasa menjadi korban kekejaman dunia, akhirnya menyalahkan diri mereka sendiri dan orang lain atas apa yang mereka alami.

Contoh nyata yang dialami orang yang selalu berpikir negatif, yaitu situasi di mana ada seseorang, disebutkan si A dan si B yang akan menghadiri wawancara kerja pada perusahaan besar. Si A merasa ragu karena ia berpikir negatif pada dirinya sendiri bahwa dia tidak percaya diri, tidak mempunyai kemampuan, dan berpikir bahwa ada kandidat lain yang lebih baik dari dirinya. Pada malam hari sebelum wawancara kerja, dia menjadi gelisah dan pada akhirnya dia tidak bisa tidur dan terlambat bangun.

Karena dia terlambat bangun dan tidak mempersiapkan kemeja yang akan dipakai, akhirnya dia memakai kemeja yang belum disetrika. Akibatnya selama perjalanan menuju tempat wawancara, dia selalu berpikir negatif bahwa dia tidak akan mendapatkan pekerjaan tersebut karena terlambat dan memakai kemeja yang lusuh.

Rasa takutnya pun akhirnya menjadi efek yang negatif bagi dirinya sendiri. Selama wawancara berlangsung, dia menunjukan sikap negatif, tidak nyaman, tidak percaya diri, dan gelisah karena sudah terlambat, kemejanya lusuh, dan belum sempat sarapan. Hingga akhirnya dia meninggalkan kesan yang buruk dan tidak memperoleh pekerjaannya tersebut.

Berbeda dengan si B. Dia akan menghadiri wawancara kerja pada perusahaan besar yang sama dengan si A, tetapi dia menyikapinya dengan positif dan penuh keyakinan akan mendapatkan pekerjaan tersebut.

Pada malam hari sebelum wawancara, ia mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Pada pagi harinya, dia pun bangun lebih awal sehingga dia memiliki waktu untuk sarapan. Lalu tiba di tempat wawancara  lebih awal dari jadwal. Karena sikap positifnya dan persiapannya yang baik sebelum dan selama wawancara, ia diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Dari kedua cerita tersebut, kita bisa menarik pelajaran bahwa pikiran yang positif akan memberikan dampak yang positif dan begitupun sebaliknya. Berikut adalah 3 tips menjadi orang yang positif agar hidup menjadi lebih baik:

 

1. Masukkan selalu pikiran positif di dalam diri

Banyak orang yang berpikir negatif dan berusaha untuk menghindari masalah yang mereka alami. Sebuah masalah yang tidak terselesaikan, lama-lama akan semakin menumpuk dan memburuk. Pada akhirnya akan membuat kita terpuruk oleh masalah kita sendiri. Namun, dengan berpikir positif maka kita akan menghadapi masalah tersebut dan berusaha untuk bertindak agar semua masalah dapat selesai.

Bagaimana cara memasukkan pikiran positif ke dalam diri?

• Selalu aktif melakukan kegiatan yang positif. Lingkungan dapat mempengaruhi cara kita dalam berpikir, lingkungan dapat berperan untuk membentuk pola pikir kita menjadi baik atau buruk. Karena itu mulai sekarang pilihlah lingkungan yang baik dalam melakukan segala aktivitas.

• Mulailah mengoleksi bacaan atau buku penyemangat atau kalimat motivasi yang bisa kita baca sewaktu-waktu agar disaat kita merasa terpuruk menjalani hidup, kita dapat membaca kembali bacaan tersebut sehingga kita kembali optimis.

• Bayangkan bahwa hidup ini kita jalani dengan menjadi orang yang positif dan sangat mencintai hidup. Sebuah kebahagiaan terletak pada pikiran yang kemudian dapat kita rasakan. Jika kita berpikir hidup yang kita lalui ini menyenangkan, maka kebanyakan waktu yang kita lalui pun akan terasa menyenangkan. Namun, sebaliknya jika kita berpikir "Hidup ini menyebalkan!", pada akhirnya sebagian besar waktu yang kita lalui juga terasa buruk dan penuh beban.

 

2. Menerima masalah dan buat tujuan hidup

• Di dalam hidup pasti ada masalah. Kita tidak dapat menghindari masalah yang terjadi pada kita, yang dapat kita lakukan adalah menerima masalah itu dengan lapang dada. Pasti kita pernah merasakan masalah yang membuat hidup ini terasa sangat buruk, tetapi terima dan cobalah bangkit untuk mencari sumber masalah dan kemudian berusaha mengatasinya. Percayalah, seberat apapun masalah yang kalian hadapi pasti ada jalan keluarnya.

• Buatlah tujuan dalam hidup kita. Sebuah tujuan hidup dapat memberikan pandangan yang lebih positif terhadap kehidupan ini. Orang-orang yang mudah bosan dengan kehidupan, biasanya lebih mudah merasa stres. Menetapkan tujuan hidup akan memberikan motivasi tersendiri pada kita.

 

3. Nikmati hidup bersama orang yang kita cintai

Hargailah siapapun yang kamu cintai dalam hidup ini. Entah itu teman, sahabat, dan keluarga yang kita miliki. Mencintai orang-orang dalam kehidupan ini akan membuat hidup kita terasa nyaman. Orang yang saling mencintai dan menyayangi akan saling membantu, baik disaat suka maupun duka. Ada juga orang yang selalu menyalahkan, bahkan menjelekkan kita. Alihkan pikiran kita kepada orang-orang tersebut dan fokus untuk menghargai orang-orang yang kalian cintai. Mereka akan menjadi penyemangat dan kita selalu merasa beruntung memiliki orang-orang yang baik dalam hidup ini.

Berikut adalah 3 tips menjadi orang yang positif agar hidup menjadi lebih baik. Jadi intinya, masukkan selalu hawa dan energi postif dalam diri kita. Jauhkan hawa dan pikiran negatif, jangan menghindari masalah, tapi taklukan dan selesaikan masalah tersebut. Buat tujuan dalam hidup agar hidup ini terasa lebih berwarn dan selalu nikmati hidup bersama orang-orang yang kita sayangi dan cintai.

Terima kasih telah membaca 3 tips menjadi orang yang positif agar hidup menjadi lebih baik. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.